Jumat, 27 Desember 2013

TUGAS SOFTSKILL PERILAKU KONSUMEN

1. PERILAKU KONSUMEN
1. Loudon dan Della Bitta (1993) Adalah konsumen adalah proses pengambilan keputusan dan kegiatan fisik individu-individu yangsemuanya ini melibatkan individu dalam menilai, mendapatkan, men ggunakan, atau mengabaikan barangbarang dan jasa-jasa
2. James F et al ( 1994 ) Perilaku konsumen adalah tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkons umsi, dan menghabiskan produk dan jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan menyusuli tindakan ini.
3. Ebert dan Griffin (1995) Consumer behavior dijelaskan sebagai upaya konsumen untuk membuat keputusan tentang suatu produk yang dibeli dan dikonsumsi.
4. Gerald Zaltman Melanie Wallendorf (1979) Perilaku Konsumen adalah tindakan - tindakan proses, dan hubungan sosial yang dilakukan individu, kelompok, dan organisasi dalam mendapatkan, menggunak an suatu produk atau lainnya sebagai suatu akibat dari pengalamnnya dengan produk, pelayanan, dan sumber - sumber lainnya

KESIMPULAN :
perilaku konsumen adalah perilaku yang dilakukan konsumen dalam mencari serta mengevaluasi suatu produk atau jasa yang ditawarkan kemudian diambil keputusan mengenai produk tersebut yang akan dibeli atau dikonsumsi sebagai pemuas kebutuhannya.

2. PERILAKU KONSUMEN
A.Bersifat Dinamis
Perilaku seorang konsumen ataupun masyarakat luas yang selalu berubah dan bergerak sepanjang waktu. Dalam hal pengembangan strategi pemasaran, sifat dinamis perilaku konsumen menyiratkan bahwa seseorang tidak boleh berharap bahwa strategi pemasaran yang sama dapat memberikan hasil yang sama sepanjang waktu, pasar, dan industri.

B. Perilaku Konsumen Melibatkan Pertukaran
Yaitu pertukaran di antara individu, menekankan bahwa konsumen tetap konsisten dengan definisi pemasaran yang sejauh ini juga berkaitan dengan pertukaran.


C.Perilaku Konsumen Melibatkan Interaksi
Bahwa untuk mengembangkan strategi pemasaran yang tepat, kita harus memahami yang dipikirkan (kognisi), dirasakan (pengaruh), dan dilakukan (perilaku) oleh konsumen. Selain itu, kita juga memahami apa dan di mana peristiwa (kejadian sekitar) yang memengaruhi serta dipengaruhi oleh pikiran, perasaan, dan tindakan konsumen.

3. BIDANG STUDI YANG TERKAIT
Sosiologi
Memberikan sumbangan dalam mempelajari kekuatan sosial yang memengaruhi konsumen seperti konsep struktur sosial, keluarga, kelas sosial, ethnis, gender dan gaya hidup yang dapat memengaruhi perilaku individu maupun kelompok.



Antropologi
Memberikan sumbangan dalam memahami fenomena konsumsi ritual, mitos, simbol, dan aspek budaya lain.

Ekonomi
Membantu dalam memberikan pemahaman tentang keterkaitan antara kebijakan harga dengan respon perilaku konsumen serta adanya perbedaan perilaku konsumsi akibat perbedaan tingkat ekonomi antar masyarakat.

Psikologi
Membantu dalam memahami proses-proses psikologi yang sifatnya individual seperti kepribadian, motivasi, persepsi, proses belajar, sikap dan dinamika kelompok yang berpengaruh terhadap perilaku konsumen.

Sumber :
Suryani, Tatik., 2008. Perilaku Konsumen. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Setiadi, Nugroho J. Dr., 2010. Perilaku Konsumen : Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta : Kencana.
http://www.slideshare.net/Reza8/pengertian-perilaku-konsumen-menurut-para-ahli

Tidak ada komentar:

Posting Komentar