1. PERILAKU KONSUMEN
1. Loudon dan Della Bitta (1993)
Adalah konsumen adalah proses pengambilan keputusan dan kegiatan fisik
individu-individu yangsemuanya ini melibatkan individu dalam menilai,
mendapatkan, men ggunakan, atau mengabaikan barangbarang dan jasa-jasa
2. James F et al ( 1994 ) Perilaku
konsumen adalah tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkons
umsi, dan menghabiskan produk dan jasa, termasuk proses keputusan yang
mendahului dan menyusuli tindakan ini.
3. Ebert dan Griffin (1995) Consumer
behavior dijelaskan sebagai upaya konsumen untuk membuat keputusan tentang
suatu produk yang dibeli dan dikonsumsi.
4. Gerald Zaltman Melanie Wallendorf
(1979) Perilaku Konsumen adalah tindakan - tindakan proses, dan hubungan sosial
yang dilakukan individu, kelompok, dan organisasi dalam mendapatkan, menggunak
an suatu produk atau lainnya sebagai suatu akibat dari pengalamnnya dengan
produk, pelayanan, dan sumber - sumber lainnya
KESIMPULAN :
perilaku konsumen adalah perilaku
yang dilakukan konsumen dalam mencari serta mengevaluasi suatu produk atau jasa
yang ditawarkan kemudian diambil keputusan mengenai produk tersebut yang akan
dibeli atau dikonsumsi sebagai pemuas kebutuhannya.
2. PERILAKU KONSUMEN
A.Bersifat Dinamis
Perilaku seorang konsumen ataupun
masyarakat luas yang selalu berubah dan bergerak sepanjang waktu. Dalam hal
pengembangan strategi pemasaran, sifat dinamis perilaku konsumen menyiratkan
bahwa seseorang tidak boleh berharap bahwa strategi pemasaran yang sama dapat
memberikan hasil yang sama sepanjang waktu, pasar, dan industri.
B. Perilaku Konsumen Melibatkan Pertukaran
Yaitu pertukaran di antara individu,
menekankan bahwa konsumen tetap konsisten dengan definisi pemasaran yang sejauh
ini juga berkaitan dengan pertukaran.
C.Perilaku Konsumen Melibatkan Interaksi
Bahwa untuk mengembangkan strategi
pemasaran yang tepat, kita harus memahami yang dipikirkan (kognisi), dirasakan
(pengaruh), dan dilakukan (perilaku) oleh konsumen. Selain itu, kita juga
memahami apa dan di mana peristiwa (kejadian sekitar) yang memengaruhi serta
dipengaruhi oleh pikiran, perasaan, dan tindakan konsumen.
3. BIDANG STUDI YANG TERKAIT
Sosiologi
Memberikan sumbangan dalam mempelajari kekuatan sosial yang
memengaruhi konsumen seperti konsep struktur sosial, keluarga, kelas sosial,
ethnis, gender dan gaya hidup yang dapat memengaruhi perilaku individu maupun
kelompok.
Antropologi
Memberikan sumbangan dalam memahami fenomena konsumsi ritual,
mitos, simbol, dan aspek budaya lain.
Ekonomi
Membantu dalam memberikan pemahaman tentang keterkaitan
antara kebijakan harga dengan respon perilaku konsumen serta adanya perbedaan
perilaku konsumsi akibat perbedaan tingkat ekonomi antar masyarakat.
Psikologi
Membantu dalam memahami proses-proses psikologi yang sifatnya
individual seperti kepribadian, motivasi, persepsi, proses belajar, sikap dan
dinamika kelompok yang berpengaruh terhadap perilaku konsumen.
Sumber :
Suryani, Tatik., 2008. Perilaku
Konsumen. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Setiadi, Nugroho J. Dr., 2010.
Perilaku Konsumen : Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan
Konsumen. Jakarta : Kencana.
http://www.slideshare.net/Reza8/pengertian-perilaku-konsumen-menurut-para-ahli
Tidak ada komentar:
Posting Komentar