A. Kebutuhan Konsumen
Kebutuhan dapat didefinisikan sebagai suatu kesenjangan atau
pertentangan yang dialami antara suatu kenyataan dengan dorongan yang ada dalam
diri. Apabila konsumen kebutuhannya tidak terpenuhi ia akan menunjukkan
perilaku kecewa, tetapi sebaliknya bila kebutuhannya terpenuhi konsumen akan
memperlihatkan perilaku gembira sebagai manifestasi rasa puasnya.
B.Kebutuhan Konsumen Menurut Abraham Maslow
Kebutuhan tersebut dijelaskan ke dalam 5 hal:
1. Fisiologis: kebutuhan akan makan, minum, tempat tinggal,
dan bebas dari sakit.
2. Keselamatan dan Keamanan: kebutuhan akan kebebasan dari
ancaman, yakni aman dari ancaman kejadian atau lingkungan.
3. Rasa memiliki, sosial, dan cinta: kebutuhan akan teman,
afiliasi, interaksi, dan cinta.
4. Harga diri: kebutuhan akan penghargaan diri dan
penghargaan dari orang lain.
5.Perwujudan diri: kebutuhan untuk memenuhi diri sendiri
dengan memaksimumkan penggunaan kemampuan, keahlian, dan potensi.
C. Kebutuhan Konsumen Menurut David Mc. Clelland
Ada 3 macam kebutuhan manusia :
Dari McClelland dikenal tentang teori kebutuhan untuk
mencapai prestasi atau Need for Acievement (N.Ach) yang menyatakan bahwa
motivasi berbeda-beda, sesuai dengan kekuatan kebutuhan seseorang akan
prestasi. Menurut McClelland karakteristik orang yang berprestasi tinggi (high
achievers) memiliki tiga ciri umum yaitu sebuah preferensi untuk mengerjakan
tugas-tugas dengan derajat kesulitan moderat;
menyukai situasi-situasi di mana kinerja mereka timbul karena
upaya-upaya mereka sendiri, dan bukan karena faktor-faktor lain, seperti
kemujuran misalnya; dan menginginkan umpan balik tentang keberhasilan dan
kegagalan mereka, dibandingkan dengan mereka yang berprestasi rendah.
Sumber :
Materi PPT staff gunadarma
Tidak ada komentar:
Posting Komentar